Tata Cara Manasik Umroh untuk Pemula

Ibadah umroh merupakan salah satu ibadah yang dapat dilakukan oleh umat muslim di tanah suci Mekah dan juga Madinah hampir serupa dengan ibadah haji. Namun khusus untuk umroh sendiri memiliki waktu yang lebih singkat, disertai dengan tata cara ibadah yang lebih singkat. Keduanya sama-sama mengunjungi ka’bah dan beribadah secara khusyuk di sana. 

Berbicara mengenai ibadah umroh sendiri, ada salah satu hal yang seringkali dilakukan sebelum berangkat atau sebelum melakukan ibadah di tanah suci yaitu latihan dan juga mencari informasi mengenai tata cara ibadah yang benar. Terutama bagi Anda yang baru pertama kali melaksanakan ibadah umrah salah satu hal yang pasti dilakukan di sana yaitu manasik umroh.

Dalam artikel berikut ini akan kita bahas secara lengkap, mengenai informasi pentingnya manasik untuk jamaah umroh, dan tata cara manasik yang benar. Sehingga Anda tidak mengalami kesalahan berikut ini informasinya. 

Manfaat Manasik Umroh

Manasik umroh merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh calon jamaah umrah menurut bahasa indonesia yang benar. Manasik merupakan peragaan pelaksanaan ibadah haji yang telah disesuaikan dengan rukunnya walaupun menggunakan ka’bah tiruan, namun manasik ini bisa menjadi pelajaran atau informasi sebelum beribadah secara langsung di ka’bah yang sebenarnya.

Bagi calon Jemaah, manasik sendiri sangat penting. Sehingga seringkali travel ataupun agen yang membantu memberangkatkan umroh memberikan informasi dan panduan yang lengkap. Selain itu disertakan juga seorang pembimbing yang dapat menjelaskan secara lengkap mengenai tata cara ibadah dan manasik umroh sebenarnya. Seberapa penting sih melaksanakan manasik dalam ibadah umroh?

Media Silaturahmi

Pertama mengapa manasik sangat penting? karena menjadi media untuk bersilaturahmi antar sesama jamaah saat melaksanakan manasik jamaah. nantinya akan berkumpul menjadi satu, sehingga bisa menjadi sarana untuk saling mengenal atau bahkan saling membantu ketika berangkat ke tanah suci.

Tata Cara Ibadah yang Benar

Selanjutnya mengapa manasik sangat penting? Karena di sini jamaah dapat mempelajari atau memahami tata cara ibadah yang benar nasib para jamaah. Nantinya akan dibeli sekali informasi serta pengetahuan mengenai hukum, rukun, dan juga sunnah. Serta hal-hal yang tidak boleh dilakukan ketika melaksanakan ibadah umroh jamaah juga akan diajak langsung untuk melakukan praktik secara benar dan serupa dengan yang dilakukan ketika berada di tanah suci nanti.

Kondisi Umroh yang Sebenarnya

Hal ketiga mengapa manasik sangatlah penting tentu saja untuk mengetahui bagaimana kondisi yang sebenarnya di tanah suci. Terutama bagi Anda yang baru pertama kali berangkat ibadah umrah tidak pernah membayangkan seperti apa kondisi Mekah dan juga Madinah.

Jika ibadah di sana ketika melaksanakan manasik, nantinya Anda akan diperkenalkan dan diinformasikan mengenai lingkungan, serta cuaca yang ada di sana. Anda bisa mempersiapkan diri untuk membawa barang-barang yang sekiranya diperlukan.

Tata Cara Manasik Umroh

Setelah membahas mengenai seberapa penting manasik untuk para Jemaah. Selanjutnya adalah tata cara manasik umroh lengkap yang bisa disesuaikan. Sehingga Anda bisa paham bagaimana cara melakukan yang benar.

  1. Menuju Masjid Dzulhulaifah

Hal pertama yang harus dilakukan ketika memutuskan untuk ibadah umroh yaitu berangkat dari bandara menuju miqat masjid Dzulhulaifah. Di sini nantinya Anda akan ditempatkan di Madinah. Sehingga para jemaah dapat bersikap sebelum ihram, seperti mandi menggunakan pakaian ihram berwudhu dan juga melaksanakan salat sunat ihram 2 rokaat.

Selain itu Anda juga wajib membaca niat untuk melaksanakan ibadah umrah dengan bacaan “Labbaikallahumma ‘umratan” yang memiliki arti “Aku sambut panggilanmu ya Allah untuk melaksanakan ibasah umroh”.

  • Menggunakan Pakaian Ihram

Setelah selesai kemudian selanjutnya Anda bisa masuk ke dalam tata cara manasik yang kedua yakni memakai pakaian ihram. Apabila pakaian ihram telah dikenakan maka jemaah tidak boleh melakukan hal-hal yang dilarang. Misalnya saja mengganti menggunakan pakaian biasa dilarang menggunakan alas kaki yang menutupi mata kaki, dilarang memakai penutup kepala, seperti topi, peci, dan lain sebagainya. Selain larangan diatas, ada juga beberapa larangan yang wajib dipatuhi :

  • Dilarang bermesraan atau berhubungan intim
  • Dilarang menikah atau meminang wanita untuk dinikahi
  • Dilarang berburu atau mematikan binatang apapun
  • Dilarang memotong kuku, mencabut, dan juga mencukur rambut
  • Dilarang menggunakan uangnya atau parfum
  •  Tidak boleh mencaci atau mengeluarkan kata kasar apalagi bertengkar
  • Serta dilarang memotong tanaman di sekitar area Mekah

Hal ini berlaku baik untuk pria maupun wanita.

  • Menuju Masjidil Haram

Selanjutnya hal yang bisa dilakukan apabila memasuki manasik umroh yaitu menuju Masjidil Haram yang ada di Mekah saat perjalanan menuju Masjidil Haram. Ada baiknya untuk membaca kalimat talbiyah yang selalu diucapkan oleh Rasulullah, saat umroh dan haji secara khusyuk. Bacaan talbiyah nantinya akan membantu Anda untuk menandakan adanya kegiatan tawaf.

  • Tawaf

Selanjutnya adalah tawaf untuk kegiatan yang satu ini Anda nantinya akan dianjurkan untuk berwudhu terlebih dahulu di Masjidil Haram. Kemudian jamaah dapat masuk melalui pintu mana saja. Namun dianjurkan mengikuti contoh Rasulullah, yaitu masuk melalui pintu babussalam atau bani syaibah setelah itu turun dan menuju ke tempat tawaf.

  • Salat 2 Rakaat

Kegiatan kelima yang masuk kedalam manasik umroh yaitu salat dua rakaat di depan maqo Ibrahim. Maqom ibrahim bukanlah sebuah kuburan, melainkan tempat di mana nabi ibrahim pernah berdiri ketika membangun ka’bah.

Pada rakaat pertama silakan membaca surat al-fatihah dan juga al kafirun. Sedangkan untuk rakaat kedua Anda bisa membaca al-fatihah yang dilanjutkan dengan surat al-ikhlas. Salat 2 rokaat ini masuk ke dalam salat yang diwajibkan.

  • Istirahat dan minum air zam zam

Selanjutnya Anda dapat beristirahat bersama dengan jamaah lainnya, dengan cara duduk dan membaca atau meminum air zam-zam. Hendaknya sebelum meminum air yang diberkahi oleh allah ini membaca doa “Allahumma inni asaluka ‘ilman nafi’an wa risqon waasi’an wa syifaa’an min kulli daa’in wa saqomin bi rohmatika ya arhamar rohimiin”.

  • Sai

Setelah selesai masuk ke mana sih selanjutnya yaitu sa’i antara shafa dan marwah sebanyak 7 kali bolak-balik. Sai dimulai dari bukit safa ke marwah yang dihitung sebagai satu kali perjalanan dari safa ke marwah dihitung 1, dan dari marwah dihitung satu. Sehingga akan berakhir di marwah selain itu sa’i dilakukan dengan cara berjalan akan tetapi ketika di batas antara dua lampu hijau harus berlari kecil kecil.

  • Bercukur

Terakhir hal yang dilakukan dalam ibadah umrah adalah tahallul. Kegiatan ini masuk ke dalam kegiatan umroh terakhir di mana ditandai dengan bersyukur untuk laki-laki umumnya bercukur hingga gundul. Sedangkan untuk wanita hanya alakadarnya saja. Untuk wanita dapat dilakukan di kamar hotel ataupun tempat penginapan.

Dengan adanya informasi yang jelas mengenai manasik ibadah umroh. Tentu saja sangat membantu Anda para pemula yang baru saja memulai untuk melakukan. Ibadah sehingga tidak mengalami kebingungan apalagi salah jangan khawatir.

Karena umumnya nanti Anda akan mendapatkan pembimbing yang diberikan oleh agen atau travel. Sehingga dapat membantu ibadah umroh untuk berjalan dengan lancar manasik umroh ini sangat penting dan jangan sampai dilewatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *