Belanjaan Oleh-Oleh Saat Umroh di Tanah Suci

Ketika sedang bepergian ataupun jalan-jalan pasti selain menikmati wisata ataupun tempat yang dikunjungi. Ada juga mengharapkan adanya oleh-oleh ataupun buah tangan. Nantinya dibagikan ke keluarga ataupun sanak saudara di rumah. Selain itu Anda juga bisa memberikan oleh-oleh tersebut ke tetangga atau teman-teman dan juga orang terkasih.

Begitupun ketika Anda memutuskan untuk pergi ibadah umroh ataupun haji ke tanah suci. Selain tujuannya untuk beribadah, tentu saja Anda ingin membawa buah tangan atau oleh-oleh yang dapat dibagikan di Indonesia nantinya sebagai salah biaya umroh yang dipersiapkan.

Bagi Anda yang akan berangkat ibadah umroh ataupun haji sekaligus jalan-jalan di tanah suci Mekah dan Madinah. berikut ini ada rekomendasi oleh-oleh yang bisa Anda beli dan masuk ke dalam oleh-oleh yang paling banyak dicari bukan hanya oleh masyarakat Indonesia yang sedang beribadah.

Rekomendasi Belanjaan Oleh-Oleh Saat Umroh

Mencari oleh-oleh bukanlah perkara yang mudah terkena kita bingung harus membeli apa. Berikut ini belanja oleh-oleh saat umroh yang cocok untuk dibawa ke Indonesia dan yang paling banyak dicari :

Kurma

Pertama tentu saja Anda tidak bisa pergi ke tanah suci Mekah atau Madinah tanpa membawa pulang kurma buah yang hanya ada di area Timur Tengah ini, tentu saja menjadi salah satu oleh-oleh yang diharapkan banyak orang. Pasar kurma Madinah paling sering dikunjungi oleh umat muslim yang ada di Indonesia karena terkenal dengan kualitas kurmanya yang sangat bagus.

Pasar ini terletak di dekat pintu 6 Masjid Nabawi, sehingga setelah Anda beribadah bisa langsung mengunjungi pasar kurma Madinah. Selain itu juga tempat ini tidak terlalu jauh dari terminal bis umum, dan banyak sekali kios yang menawarkan berbagai jenis kurma. Dengan harga yang sangat miring atau harga yang sangat murah. Bahkan kurma yang dijual masih segar dan cocok bagi Anda yang ingin membawa ke Indonesia dengan perjalanan maksimal 3-4 hari.

Sajadah

Oleh-oleh lanjutnya yang tidak boleh dilupakan ketika datang dan melakukan ibadah umroh di tanah suci yaitu membeli sajadah. Karena tampilan kain dan juga motifnya yang sangat bagus dan beragam, menjadikan sajadah dari tanah suci tentu saja menjadi dambaan tersendiri. Bagi mereka yang menerima buah tangan ketika Anda melakukan ibadah umrah.

Salah satunya adalah sejarah asal Turki, Arab Saudi. Dengan mendominasi berbagai motif dan juga bentuk desain sajadah yang ada di toko di Mekah atau Madinah. Anda bisa membawa pulang saja yang berkualitas bukan hanya tampilannya saja. Namun bahan yang digunakan sangatlah nyaman untuk digunakan salat sehari-hari dan memiliki bulu yang tebal ada banyak sekali jenis yang bisa Anda pilih dan bisa disesuaikan dengan harganya.

Misalnya sajadah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, di mana 2 sajadah ini paling banyak dicari. Untuk harganya bermacam-macam mulai dari 10 hingga 100 real. Selain itu ada juga sajadah musafir yang sering digunakan oleh Anda para traveler. Sehingga sajadahnya tipis dan kecil sehingga mudah dibawa dan berbagai jenis sajadah lainnya.

Kosmetik Arab

Kosmetik merupakan oleh-oleh ketiga yang tidak boleh dilupakan oleh Anda yang sedang melakukan ibadah umroh belanjaan oleh- oleh salat umroh yang satu, ini bisa diberikan kepada para wanita yang ada di Indonesia. Karena kosmetik dari arab sendiri memang sangat unik dan berbeda mulai dari parfum, celak mata, hingga lipstik yang dapat membantu meronakan warna bibir. Sehingga lebih mudah untuk digunakan selain itu mereka bayar sendiri memang tidak terlalu banyak.

Kualitasnya juga sangat bagus. Bagi Anda yang tertarik dan ingin membeli yang berkualitas Anda bisa langsung membelinya di area pasar atau sekitar Madinah dengan biaya yang beragam. Mulai dari 1 hingga 5 real saja, jika dirupiahkan harganya sangat murah mulai dari 5.000 hingga 20.000. Selain itu jika Anda membeli oleh-oleh ini, Anda tidak perlu mengemas produk terlalu besar karena make-up memiliki ukuran kecil.

Kacang Arab

Produk lainnya yang bisa dibawa tentu saja kacang arab oleh-oleh yang satu ini sangat disukai oleh banyak masyarakat Indonesia. Karena rasanya yang gurih dan enak. Salah satu ciri khas dari kacang arab yaitu makanan yang seringkali dibawa, karena mengandung banyak protein dan cocok sekali untuk Anda yang sedang diet.

Selain itu kacang arab ini memiliki harga yang memang tidak murah berkisar antara 10 real hingga 50 real. Jika dirupiahkan harganya berkisar antara 35 hingga 180.000. Namun ada beberapa keistimewaan dari kacang arab ini mulai dari makanan yang sangat cocok untuk memperbaiki metabolisme tubuh. Karena mengandung zat besi bagi para wanita, khususnya yang sedang menstruasi, hamil, atau menyusui. Bagi Anda yang ingin membawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Rasanya kacang arab ini merupakan pilihan yang tepat.

Kismis

Selanjutnya produk yang bisa Anda bawa pulang dan menjadi salah satu Andalan dari oleh-oleh saat ibadah umrah yaitu kismis. Berbeda dengan jenis kismis lainnya. Ketika Anda ibadah umroh kismis yang terdapat di area Mekah atau Madinah memiliki bentuk yang kisut berwarna orange kekuningan. Selain itu rasanya manis dan lezat, karena melalui proses pengeringan anggur.

Kismis arab ini seringkali digunakan untuk olahan bahan kue ataupun makanan atau bisa juga dikonsumsi secara langsung. Harga kismis memang lebih mahal dibandingkan dengan beberapa oleh-oleh lainnya berkisar antara 40 hingga 60 real.

Jika dirupiahkan berkisar antara 50.000 hingga 200.000 untuk satu kemasannya semakin mahal kismis yang Anda beli, tentu saja kualitas yang didapatkan akan semakin bagus. Selain itu kismis yang berasal dari arab kering dan tidak berkurang rasa manisnya jika disimpan dalam waktu yang lama.

Air Zam Zam

Terakhir oleh-oleh yang tidak boleh dilewatkan ketika sedang melakukan ibadah umrah ataupun haji tentu saja air zam-zam. Air yang memiliki sejuta manfaat dan juga diberkahi oleh Allah ini, karena tidak pernah berhenti sumbernya. Menjadikan umat muslim di dunia termasuk di Indonesia berlomba-lomba untuk membawa air zam-zam bahkan jauh dari Mekah atau Madinah ke Indonesia.

Dalam sejarahnya Rasulullah pernah meminum air zam-zam, sampai mengguyurkannya ke kepala. Terkadang jamaah juga membasahinya ke kain ihram dengan maksud nantinya air tersebut akan memberi berkah kepada kain kafan yang digunakan saat meninggal. Jemaah umroh ataupun haji disunahkan mengemas air zam-zam untuk dibawa ke tanah air masing-masing. Sehingga dapat di rasakan manfaat dan juga berkahnya oleh orang-orang kita sayang di Indonesia.

Itulah deretan belanjaan oleh-oleh saat umroh yang wajib dibawa. Dari sekian banyak tentu saja ibadah yang khusyuk dan juga perjalanan yang lancar menjadi salah satu harapan. Bagi Anda yang melakukan ibadah umrah ke tanah suci dan selamat kembali ke Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *