Persiapan Sebelum Umroh Perempuan dan Laki-Laki

Ketika berbicara mengenai persiapan sebelum umroh pasti ada banyak hal yang bisa dibahas. Ibadah umroh merupakan salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat muslim, di mana kita pergi menuju ke tanah suci yang terletak di Mekkah dan juga Madinah, Saudi Arabia memakan waktu kurang lebih 10 hari ibadah umroh ini dilakukan.

Bagi mereka yang mampu untuk bepergian dan juga memiliki finansial lebih. Sehingga dapat mengunjungi tanah suci yang jaraknya tentu saja jauh dari indonesia.  Berbeda dengan ibadah haji yang lebih pendek dan serangkaian ibadahnya yang lebih singkat indonesia sendiri sebagai salah satu negara dengan mayoritas umat muslim memang memiliki minat yang sangat tinggi akan ibadah umroh ini.

Termasuk anda yang mungkin akan berencana untuk melakukan ibadah umrah atau sedang dalam waktu menunggu pemberangkatan ibadah umroh. Jangan bingung, karena berikut ini ada beberapa informasi mengenai ibadah umroh. Salah satunya persiapan sebelum umroh yang wajib dilaksanakan oleh anda yang baru pertama kali berangkat. 

Persiapan 3-1 Bulan Sebelumnya

Hal pertama yang akan kita bahas adalah persiapan yang harus dilakukan selama 3 bulan sebelum hari keberangkatan ibadah umroh. Karena perjalanan yang sangat panjang ditambah lagi. Bagi anda yang pertama kali berangkat atau bepergian umroh pasti perjalanan ini sangat menegangkan, dan ada banyak persiapan yang harus dilakukan diantaranya yaitu :

Tata Cara Ibadah

Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja mempelajari bagaimana tata cara ibadah umrah yang benar dan juga mencari informasi lengkap, mengenai ibadah umroh. Anda bisa mendapatkannya melalui buku referensi atau pun bertanya kepada ahli yang lebih memahami mengenai ibadah umroh. Misalnya ustad ataupun tokoh agama setempat. Terutama bagi mereka yang sudah pernah melakukan ibadah umrah ataupun haji sebelumnya

Kondisi Fisik

Hal kedua yang harus disiapkan tentu saja kesehatan anda karena adanya perjalanan yang cukup panjang. Ditambah lagi dengan perbedaan cuaca dan waktu pasti akan mempengaruhi kesehatan anda setibanya di Mekkah, saat hari pertama melakukan ibadah.

Untuk itu jangan sampai kesehatan anda menurun sebelum berangkat dan pastikan tubuh anda sedang fit. Apabila bepergian dengan orang tua ataupun yang sudah paruh baya, pastikan mereka memiliki waktu istirahat yang cukup dan tidak mengikuti atau melaksanakan kegiatan yang melelahkan. Usahakan untuk tetap berkegiatan dan juga berolahraga. Mengingat ibadah umrah sendiri memiliki kegiatan yang cukup padat

Administrasi

Persiapan ketiga berkenaan dengan travel dan juga administrasi yang harus diurus karena anda harus berpergian ke luar negeri. Khususnya ke arab pasti ada visa dan juga paspor yang harus diurus pastikan administrasi tersebut. Tidak menjadi kendala ketika hari keberangkatan.

 Sehingga anda bisa mengurusnya jauh-jauh hari kemudian mencari travel yang dipercaya untuk membantu mengurus ibadah umroh anda agar berjalan dengan lancar lebih baik lagi. Jika anda memang sudah memiliki travel andalan. Setiap anda bepergian ataupun ibadah umroh anda sudah menggunakan jasa mereka.

Persiapkan fisik dan mental

Terakhir persiapan yang wajib dilakukan tentu saja memastikan bahwa anggota yang berangkat memiliki kecukupan secara fisik dan juga mental. Selain itu anda juga harus mempersiapkan uang atau dana lebih untuk berjaga-jaga apabila anda membutuhkan uang tambahan, ketika sampai di Mekkah. Misalnya saja anda ingin membeli berbagai oleh-oleh untuk keluarga ataupun berbelanja. Barang-barang yang ada di sana. Anda juga bisa menabung sehingga tidak terlalu repot ketika mendekati waktu berangkat.

Persiapan Sebelum Umroh Wajib

Setelah membahas mengenai persiapan yang bisa dilakukan mulai dari 3 bulan, sebelum keberangkatan hingga mendekati keberangkatan. Selanjutnya adalah persiapan sebelum umroh yang wajib disiapkan, baik untuk peserta wanita maupun peserta pria.

Perlengkapan Umroh untuk Perempuan

Pertama kita akan bahas mengenai perlengkapan atau persiapan sebelum umroh untuk perempuan ada beberapa barang yang wajib dibawa dan tidak boleh terlewat di antaranya yaitu :

  • Pertama baju ihram yang harus disiapkan untuk melakukan ibadah umrah
  • Kemudian baju untuk sehari-hari secukupnya saja mengingat nantinya anda tidak akan bisa mencuci ataupun membersihkan pakaian sehingga anda wajib membawa baju untuk berganti dengan waktu kira-kira 10 hingga 12 hari
  • Kemudian membawa pakaian tidur yang digunakan setelah itu membawa kaos kaki sebanyak 3 hingga 4 pasang, namun jika waktu musim dingin tiba. Ada baiknya membawa kaos kaki yang tebal karena udara bisa saja sangat dingin
  • Selain itu anda juga bisa membawa buku doa dan juga alquran sehingga tidak perlu kerepotan disana ditambah lagi
  • Jika anda ingin membawa mukena akan lebih baik karena selama ibadah di sana bisa jadi tidak ada mukena yang dipinjamkan. Sehingga masing-masing orang harus membawa sendiri.
  • Selain itu persiapkan juga pembalut atau pantyliner dimana para perempuan. Kemungkinan tiba-tiba mengalami datang bulan atau keputihan dan tidak boleh ada najis dalam area ibadah. Sehingga anda harus berjaga.
  • Setelah itu anda juga bisa membawa perlengkapan mandi secara lengkap mulai dari sampo, pasta gigi, sikat gigi, sabun, sabun cuci muka dan lain sebagainya yang sekiranya dibutuhkan.

Anda juga boleh membawa make up dan utamanya perlindungan untuk kulit dan bibir mengingat udara di sana sangatlah kering. Perlengkapan selanjutnya yaitu membawa masker dan juga kacamata untuk menghindari sinar matahari dan juga debu.

Selain itu obat-obatan pribadi dan jaket untuk antisipasi jika diperlukan. Ada juga diperbolehkan membawa sendal atau sepatu yang sangat nyaman, untuk digunakan sehari-hari maupun bepergian sehingga ibadah tetap khusyu dan tidak terganggu oleh adanya kekurangan tersebut.

Perlengkapan Umroh untuk Laki-Laki

Lalu bagaimana dengan perlengkapan atau persiapan sebelum umroh untuk laki-laki. Berikut ini ada beberapa barang yang wajib dibawa :

  • Pertama tentu saja pakaian untuk ibadah seperti baju koko dan juga sarung.
  • Bawalah beberapa buah karena anda akan berganti selama ibadah umroh setelah itu anda juga bisa membawa baju ihram dan doa atau alquran kecil.
  • Barang-barang lainnya hampir sama dengan perlengkapan perempuan, misalnya saja alat mandi pakaian tidur baju kaos untuk sehari-hari
  • Obat-obatan alat cukur jaket dan juga kaca mata dan masker. Anda juga bisa membuat celana panjang dan baju panjang untuk bisa berganti sehari-hari, sehingga tetap nyaman dan tidak terganggu ibadahnya

Selain beberapa informasi di atas persiapan sebelum umroh yang bisa dilakukan atau wajib dilakukan yaitu mencukur rambut untuk laki-laki dan perempuan anda bisa mencukur rambut di hotel. Sehingga menghindari adanya melepas hijab. Selain itu anda juga wajib pengunjung ira udah ketika pergi ibadah umrah karena tempat ini merupakan tempat yang cocok untuk merefleksikan diri dan juga berdoa di malam hari.

Pastikan juga anda telah menyiapkan kartu ataupun internet khusus untuk dibawa ke luar negeri. Karena nantinya anda pasti membutuhkannya untuk menghubungi orang di rumah ataupun keluarga dan sanak saudara di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *