Rekomendasi Tempat yang Perlu Diketahui Jamaah di Sekitar Mekkah

Saat mengunjungi kota Mekah dan juga Madinah, merupakan kedua kota suci yang digunakan untuk tempat beribadah umat muslim, termasuk masyarakat Indonesia. Berkunjung ke Mekah dan Madinah dengan tujuan untuk ibadah haji ataupun ibadah umroh merupakan hal biasa. Namun apakah Anda pernah mencoba untuk berkunjung kedua kota tersebut. Selain beribadah sekaligus berwisata religi?

Sebagian masyarakat Indonesia mengatakan bahwa mereka merasa bingung, ketika mereka memiliki waktu setelah beribadah haji dan juga umroh di Mekah. Jangan buang uang Anda, karena sembari beribadah Anda bisa mengunjungi banyak tempat di Mekah.

Tempat Menarik di Mekah

Tidak perlu khawatir karena dalam artikel, berikut ini akan kita bahas mengenai rekomendasi tempat-tempat yang perlu diketahui jamaah di sekitar ka’bah baik untuk beribadah maupun untuk berwisata.

Gua Hira

Tempat pertama yang wajib dikunjungi yaitu Gua Hira. Objek pariwisata ini sudah masuk ke dalam salah satu daftar destinasi yang wajib dikunjungi saat datang ke Arab Saudi, khususnya Mekah. Gua Hira merupakan salah satu lokasi, di mana Allah memberikan wahyu kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril untuk pertama kalinya.

Nabi Muhammad sangat senang karena menjadikan Gua Hira ini sebagai tempat yang sakral dan tempat untuk menyendiri atau menjauh dari penduduk yang belum mengenal agama islam. Lokasi Gua Hira ini berjarak sekitar 2 mil dari kota Mekah. Sehingga Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun bersama dengan rombongan travel saat ibadah haji dan umrah. Bisa dikatakan Gua Hira sebagai salah satu wisata religi yang wajib untuk dikunjungi dan berlokasi di Jabal Nur.

Pasar Bab Mekah

Tidak lengkap rasanya jika sudah berwisata dan juga jauh datang ke Mekah, apabila Anda tidak berbelanja atau membeli oleh-oleh untuk keluarga. Anda bisa mengunjungi Pasar Bab Mekah, di mana pasar ini khusus bagi para pelancong yang senang berbelanja.

Disini Anda bisa menemukan berbagai souvenir dan juga produk khas arab sehingga bisa dibawa ke indonesia bertempat di situ Haifa. Pasar ini bisa memberikan segala kebutuhan yang Anda inginkan pasar yang yang beroperasi sejak pagi ini mulai tutup menjelang zuhur. Sehingga ada baiknya Anda mengunjungi mulai sejak pagi hari.

Makkah Mall

Anda sedang mencari kebutuhan, misalnya saja sendal ataupun hal-hal lainnya. Maka Anda bisa mengunjungi Makkah Mall. Tempat ini berupa pusat perbelanjaan yang sangat dekat dengan masjidil haram hampir serupa dengan mall yang ada di Jakarta.

Namun toko-toko internasional tersedia dan sangat lengkap. Sehingga Anda bisa memanfaatkan waktu bukan hanya berbelanja namun mengajak anak-anak untuk bermain di area permainan secara sepuasnya. Selain itu tempat ini juga tidak terlalu jauh dari Mekah dan akan tutup saat waktu salat tiba selama 30 menit. Sehingga jangan bingung jika pada dzuhur ataupun ashar.

Saat Anda berkunjung ke mau tersebut banyak toko yang tutup secara tiba-tiba. Kecuali tempat makan bagi Anda yang khawatir untuk mencari kebutuhan atau tidak sengaja terlupa dari indonesia. Jangan bingung Anda bisa mendapatkannya di Makkah mall.

Menara Jam

Tempat lainnya yang wajib dikunjungi karena sangat dekat dengan Mekkah yaitu Abraj Al-Bait.. Bangunan ini dikenal sebagai nama Fairmont Makkah Royal Clock tower alias menara jam, yang sangat megah. Tempat ini merupakan salah satu tempat yang sangat strategis, karena memiliki area yang luas disertai dengan tempat-tempat yang beragam.

Mulai dari apartemen, perkantoran, restoran dan juga hotel bintang 5. Selain itu Abraj Al-Bait ini memiliki 120 lantai disertai dengan 1542 kamar hotel dan apartemen. Pengunjung juga dapat bersantap serta menikmati makanan restoran mewah di tersebar di berbagai lantai tersebut. Apabila Anda ingin berkunjung dan juga datang ke tempat ini.

Makkah Auction

Selanjutnya tempat yang harus dikunjungi ketika datang ke kota mekah yaitu Makkah Auction. Sesuai dengan namanya tempat ini merupakan salah satu tempat pusat lelang terbesar yang ada di Mekah, bahkan di Arab Saudi. Tepat berlokasi di Hilton Tower Hotel, sehingga tidak terlalu jauh jaraknya dari masjidil haram pengunjung bisa menemukan berbagai barang yang bagus di sini.

Mulai dari cincin kuno aneka benda bersejarah benda unik yang didapatkan dari berbagai belahan dunia. Dengan harga yang paling murah hingga paling mahal. Umumnya mereka juga menyertakan sertifikat resmi, sehingga aman karena nilai jualnya yang sangat tinggi di masa depan. Bagi anda yang memang tertarik dengan barang-barang yang sering dilelang anda bisa langsung datang ke tempat ini.

1.      Kiswa Al Factory

Kiswa al factory, merupakan tempat selanjutnya yang bisa dikunjungi apabila sedang bersantai setelah melakukan ibadah haji dan umroh di Mekah. Kiswa sendiri merupakan sebutan untuk kain yang digunakan untuk menutupi kakbah yang berada di masjidil haram. Umumnya kain ini, berwarna hitam dilapisi dengan benang berwarna emas untuk kaligrafinya.

Bagi Anda yang tertarik dan ingin melihat bagaimana proses pembuatannya anda bisa langsung datang ke pabrik kiswa, yang buka setiap hari sabtu, senin, dan juga rabu, mulai pukul 9 pagi hingga jam 12 siang. Jangan khawatir tidak mengerti dengan penjelasan yang ada di pabrik tersebut karena pemandu wisata, yang membantu menjelaskan proses pembuatan kiswa tersedia di sana mulai dari bahasa inggris, hingga beberapa bahasa dunia lainnya termasuk bahasa indonesia.

Kawah Al Wahba

Tempat wisata lainnya yang wajib dikunjungi yaitu kawah unik bernama kawah al wahba. Terletak di timur laut kota Mekah, kawah ini dikelilingi oleh gurun dengan pemandangan yang sangat indah dan juga unik bawah ini memiliki diameter hampir 1 mil atau sama dengan 1,6 km.

Selain itu, ketinggiannya mencapai 850 kaki. Ketika musim hujan tiba dasar kawah ini akan penuh sehingga membentuk seperti danau. Namun saat musim panas tiba kalau ini akan terlihat seperti ladang karena air menguap akibat sinar matahari. Kawasan ini juga pernah menjadi saksi dari adanya aktivitas semenanjung arab ataupun gunung vulkanik. Sehingga sebagian besar areanya tertutup oleh abu vulkanik bagi anda yang datang ke sini. Anda bisa langsung berkunjung dan melihat deretan pohon palem yang menentukan serta pemandangan kawah yang berbeda.

Dengan adanya tempat berkunjung atau wisata saat ke Mekah, menjadikan kunjungan anda lebih menyenangkan bukan? Apalagi berkunjung ke tanah suci mungkin menjadi momen yang jarang dilakukan oleh banyak orang. Saat datang ke sana kita tidak pernah tahu kapan kita bisa kembali lagi melihat Kabah.

Lebih baik tentunya memanfaatkan waktu berkunjung untuk beribadah secara khusyu, setelah itu Anda bisa menikmati waktu untuk berwisata dan menghabiskan momen bersama keluarga ataupun teman-teman yang berkunjung ke tanah suci bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *