Tips Memilih Travel Umroh yang Aman dan Terpercaya

Ibadah umroh ataupun haji merupakan salah satu ibadah yang didambakan oleh seluruh umat muslim di dunia termasuk di indonesia. Sehingga banyak orang yang memutuskan untuk menabung atau berusaha agar bisa pergi umroh ataupun haji. Walaupun demikian diketahui biaya untuk melakukan perjalanan ibadah ini sangatlah mahal, terutama untuk ibadah haji

Hal ini dikarenakan adanya perjalanan pesawat dari indonesia menuju tanah suci Mekah. Kemudian adanya biaya untuk tinggal khusus untuk umroh selama 15 hari dan ibadah haji selama 30 hari serta biaya makan dan juga akomodasi di sana. Alasan inilah yang menyebabkan Anda yang sudah menabung atau pun bertekad untuk berangkat ibadah umroh harus bisa memilih travel dan juga agen yang terpercaya serta aman. Sehingga amanah dalam memberangkatkan peserta umroh yang telah mendaftarkan diri ke travel tersebut.

Tips Memilih Travel Umroh

Jangan khawatir karena berikut ini ada tips memilih travel umroh yang aman dan terpercaya. Sehingga Anda tidak akan tertipu atau bahkan kehilangan uang akibat travel palsu.

Lihat Legalitas Travel

Hal pertama yang harus Anda ketahui. Ketika memutuskan untuk memilih agen ataupun travel maka lihat kredibilitas dari perusahaan tersebut. Walaupun agen travel merupakan sebuah bisnis namun bagaimanapun juga mereka harus memiliki surat-surat resmi dan terdaftar di Kementerian Agama.

Travel umroh juga masuk ke dalam Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh atau biasa disebut PPIU. Ada beberapa syarat yang ditetapkan sebagai dokumen penting yang wajib ada di antaranya yaitu :

  • Sk menteri kehakiman
  • Sk departemen agama, sk departemen agama khusus untuk penyelenggara perjalanan ibadah umroh
  • Sk departemen agama, sk departemen agama khusus untuk penyelenggara perjalanan ibadah haji, jika travel tersebut memang menyediakan program haji
  • Sertifikat anggota amphuri
  • Sertifikat lembaga bisnis syariah dan dewan syariah nasional khusus dari mui
  • Npwp perusahaan
  • Tanda Daftar Perusahaan
  • Surat Izin Tetap Usaha Pariwisata, karena berbentuk travel atau agen
  • Dan surat keterangan domisili perusahaan. Sehingga travel atau agen harus memiliki kantor yang resmi

Beberapa data diatas wajib dimiliki oleh travel, sebagai administrasi dasar untuk mendirikan perusahaan travel haji dan umroh.

Jadwal Keberangkatan Jelas

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu melihat jadwal keberangkatan umroh sendiri merupakan salah satu program yang tidak perlu menunggu. Seperti halnya ibadah haji, sehingga Anda harus menanyakan bagaimana dengan jadwal keberangkatan yang pasti kepada pihak travel.

Berdasarkan kuota yang diberikan pemerintah, pasti travel dapat memberikan jumlah kuota yang bisa dibeli atau dibooking termasuk tiket pesawat dan detail lainnya. Sangat aneh apabila sebuah PPIU yang mengeluarkan paket umroh namun tidak memberikan tangga dan juga hari keberangkatan akan lebih baik.

Jika Anda bertanya kepada travel program tanggal dan waktu kapan saja mereka membuka ibadah umroh. Misalnya saja berkisar antara tanggal 1 hingga tanggal 20 pada bulan januari. Kemudian tanggal 10 hingga tanggal 20 pada bulan februari dan seterusnya keberangkatan ini bisa dipilih. Namun memang tidak bisa berdekatan dengan waktu ketika Anda pertama kali beli atau melakukan booking.

Biaya Umrah

Selanjutnya tips yang bisa dilakukan untuk melihat, apakah travel tersebut aman dan terpercaya atau tidak yaitu biaya umroh. Umumnya biaya sendiri memang tidak terlalu jauh berbeda misalnya saja hanya berbeda 100 atau 200ribu antara satu travel dengan travel yang lainnya.

Hal ini dikarenakan biaya umroh terpengaruh oleh visa dan juga dollar ataupun harga dari kurs yang sedang berlangsung. Namun jika lebih dari 2 juta atau hingga 3 juta ke atas. Maka tidak mungkin perbedaan tersebut terjadi dan alangkah baiknya Anda mencari atau memilih travel yang lain.

Biaya umroh ini sebenarnya berkaitan dengan fasilitas yang diberikan dan juga pesawat yang digunakan.  Sehingga kalaupun memang memiliki harga yang berbeda tanyakan fasilitas yang diterima apa saja. Pasti kan juga berapa harga paket umroh yang Anda pilih. Karena jemaah berhak untuk mengetahui detail ataupun fasilitas yang diterima oleh mereka.

Rekam Jejak Perusahaan Jelas

Apabila Anda berangkat dengan rombongan ataupun bersama keluarga yang tentu saja mengeluarkan biaya umroh sangat mahal. Maka Anda harus melihat atau memilih travel yang benar-benar jelas dan juga aman Anda bisa melakukan tips yang satu ini di mana, dengan cara melihat rekam jejak perusahaan ataupun track record dari perusahaan tersebut.

 Sangat beresiko apabila Anda memilih travel yang baru membuka usaha mereka apabila Anda berangkat secara rombongan. Untuk itu ada baiknya Anda mencari travel yang memang aman walaupun memiliki harga yang sedikit berbeda lebih mahal. Namun sudah berhasil memberangkatkan banyak orang umroh tanpa adanya permasalahan ataupun kendala sebagai nama perusahaan travel umroh dan haji berdiri.

Maka bisa dikatakan perusahaan tersebut sudah dapat dipercaya. Di sisi lain mereka juga sudah terbiasa menangani masalah yang mungkin saja terjadi ketika di perjalanan nanti. Misalnya masalah administrasi ataupun kendala hal-hal kecil yang tidak bisa Anda selesaikan. Perusahaan travel yang kredibel pasti dipercaya oleh banyak konsumennya bahkan digunakan secara berulang.

Pengurusan Visa Jelas

Hal lain yang bisa dilakukan ketika memutuskan untuk berangkat umroh dan juga memilih travel yang jelas yaitu memastikan status visa. Umumnya agen travel akan paham bagaimana cara mengurus visa dan juga memastikan bahwa kisah yang Anda miliki telah selesai. Hal ini dikarenakan visa untuk ibadah umrah maupun haji tidak bisa diurus secara pribadi melainkan pihak agen travel yang akan mengurusnya.

Visa untuk melakukan perjalanan umroh dengan visa untuk liburan sangatlah berbeda. Sehingga pihak travel, nantinya akan mendaftarkan visa Anda kedalam kuota yang telah diberikan oleh Pemerintah Arab dan Kementerian Agama di indonesia. Jika tidak nantinya Anda akan menghadapi masalah di imigrasi arab saudi ketika tiba.

Pembayaran dan Pelunasan

Tips selanjutnya tentu saja pembayaran yang sangat jelas. Pembayaran disini maksudnya adalah sistem dari pembayaran mulai dari DP, kemudian pelunasan dan lain sebagainya. Selain itu ada juga perjanjian yang umumnya diberikan travel. Apabila seseorang yang berniat untuk melakukan perjalanan ibadah umroh. Ternyata meninggal atau mengalami masalah, misalnya saja tidak bisa terbang akibat sakit.

Maka umumnya ada perjanjian yang akan diberikan misalnya dana yang sudah lunas akan kembali sebesar 80% kecuali DP dan lain sebagainya. Mekanisme pembayaran ini sangatlah penting. Pembayaran seringkali menentukan apakah travel tersebut aman atau tidak waspadai juga perusahaan travel yang menggunakan rekening pribadi. Usahakan cari yang menggunakan rekening perusahaan sehingga nantinya dapat dipertanggungjawabkan.

Dengan adanya deretan tips di atas, Anda bisa mencari atau menemukan travel yang sesuai dengan kebutuhan. Tentu saja yang dapat membantu anda untuk melaksanakan ibadah umrah secara khusyuk dan lancar.

Sumber :

https://www.daftarhajiumroh.com/travel-umroh/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *