Persiapan untuk Umroh Backpacker dan Biayanya

Ibadah umroh merupakan salah satu ibadah yang didambakan oleh semua umat islam, termasuk kebanyakan masyarakat di indonesia. Sayangnya ibadah umroh ini memang terbatas oleh biaya cukup tinggi karena adanya perbedaan antara indonesia dan juga tanah suci yang ada di Arab Saudi.

Selain itu umrah juga memakan biaya yang sangat banyak karena ibadah tersebut dilakukan kurang lebih 10 hingga 15 hari. Sehingga anda harus mengeluarkan budget khusus untuk tinggal seperti fasilitas hotel atau penginapan dan juga uang makan di sana. Namun percaya atau tidak ternyata ibadah umroh ini bisa dilakukan dengan cara backpacker.

Persiapan untuk  Umroh Backpacker

Dalam artikel berikut ini akan kita bahas secara lengkap mengenai panduan umroh backpacker untuk pemula yang tentu saja bisa diikuti. Sehingga anda bisa melakukan ibadah, tanpa harus menghawatirkan mengenai biaya kembali.

Persiapkan fisik dan mental

Panduan pertama atau tips pertama bagi anda yang ingin melakukan umroh backpacker yaitu mempersiapkan diri secara fisik maupun mental. Bagaimanapun juga kegiatan atau ibadah ini tidak dilakukan dengan fasilitas yang maksimal ataupun mendapatkan penginapan yang mungkin sesuai dengan keinginan karena adanya keterbatasan biaya, sehingga fisik sangatlah dibutuhkan serta mental.

 Umroh backpacker ini tidak disarankan untuk orang tua ataupun mereka yang sudah paruh baya. Namun bagi anda yang masih muda dan bertekad untuk pergi ke luar negeri, tanpa harus terbatas oleh dana yang ada. Selain itu umroh backpacker ini membutuhkan fisik dan mental. Karena perjalanan yang dilakukan cukup panjang.

Misalnya saja untuk pesawat sendiri pasti anda membeli dengan tiket ekonomi, dengan perjalanan kurang lebih 15 hingga 16 jam. Berbeda ketika anda menyiapkan dana lebih dan menggunakan fasilitas kelas bisnis.

Visa dan Paspor

Hal kedua yang harus dipersiapkan, apabila memutuskan untuk melakukan ibadah umrah dengan cara backpack tentu saja melakukan pengurusan paspor dan juga visa. Kedua hal ini sangatlah penting karena administrasi tidak bisa dilupakan atau dihilangkan. Jika anda tidak memiliki visa ataupun paspor maka anda tidak bisa berangkat atau bahkan datang ke negara Arab.

Agar bisa melaksanakan ibadah dengan lancar cobalah untuk mengurus paspor terlebih dahulu. Paspor digunakan untuk data resmi ataupun identitas resmi setiap anda bepergian ke luar negeri selain itu ada juga bisa mengurus visa untuk pergi ibadah umroh. Namun untuk bisa sendiri anda harus menunjuk sebuah agen karena tidak bisa mengurusnya secara pribadi.

Biaya untuk pembuatan visa kurang lebih 100 dolar. Tergantung dari travel ataupun agen yang telah anda pilih dan digunakan. Selain itu bisa juga bergantung pada waktu yang anda pilih. Karena jika anda memilih waktu pada saat liburan atau hai sistem maka kita akan memiliki harga yang lebih mahal.

Persiapan Jauh-Jauh Hari

Persiapan selanjutnya yang harus dilakukan untuk umroh backpacker yaitu mencari akomodasi dan juga tempat untuk tinggal ketika di Mekah. Dengan harga yang murah anda bisa bertanya kepada beberapa teman yang sudah berkunjung ke Mekah, bertanya pada orang yang paham akan backpacker, atau pun mencari melalui internet.

Coba untuk memilih akomodasi yang paling murah dan juga rencanakan sejak awal jadwal untuk berangkat ibadah umroh.  Ketika memesan dari jauh hari, maka Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Mulai dari hotel hingga biaya pesawat jelas akan lebih murah jika dipesan jauh-jauh hari.

Berangkat Secara Rombongan

Selain itu anda juga bisa mengambil keuntungan dengan cara berpergian secara rombongan umumnya apabila anda membeli tiket pesawat dengan agen travel umroh. Dengan cara bersama-sama ataupun berbarengan.

Maka harganya akan menjadi lebih murah dan jumlahnya lebih besar hal ini sangatlah penting. Karena bisa jadi salah satu diskon dari akomodasi dan juga tempat tinggal bisa berpengaruh besar pada pengeluaran ataupun biaya umroh.

Biaya Untuk Umroh Backpacker

Setelah membahas mengenai persiapan atau hal-hal yang harus dilakukan sebelum melakukan umroh backpacker. Maka selanjutnya adalah biaya yang harus disiapkan atau biaya yang harus dikeluarkan ketika anda memutuskan untuk memilih jalan ini. Sebenarnya ada beberapa biaya wajib yang tidak bisa dihilangkan, namun bisa diperkecil pengeluarannya diantaranya yaitu :

  1. Biaya paspor dan visa

Pertama adalah biaya paspor dan juga visa seperti yang telah dibahas di atas. Kedua hal ini merupakan administrasi wajib yang harus dipersiapkan oleh Anda yang berkunjung ke Mekah. Sehingga tidak bisa dihilangkan sayangnya untuk biaya visa sendiri anda tidak bisa mengurusnya secara pribadi. Tetapi menggunakan travel ataupun agen yang sudah dipilih. Umumnya biaya yang dikeluarkan berkisar antara 100 dolar, namun bisa lebih mahal tergantung dari waktu.

  • Tiket Pesawat

Selanjutnya adalah biaya untuk pesawat khusus untuk pesawat sendiri anda lebih baik untuk membelinya secara langsung. Pulang pergi sehingga anda tidak perlu membeli tiket pesawat ulang ketika pergi dan terpisah ketika pulang. Karena hal ini akan mengeluarkan biaya lebih dan ada juga akan kesulitan untuk menemukan jadwal yang memiliki harga yang cukup tinggi.

Untuk biaya umroh sendiri khusus untuk pesawat biasanya menggelontorkan kurang lebih perjalanan pulang pergi 7 hingga 8 juta untuk satu kali terbang. Namun tergantung jenis pesawat dan juga coba pesawat yang anda gunakan lebih murah lagi. Jika anda melakukan perjalanan satu kali terbang atau langsung dari indonesia ke jeddah tanpa adanya transit ataupun ganti pesawat.

  • Penginapan

Hotel adalah salah satu hal yang paling sering memakan pengeluaran terlalu banyak. Tempat tinggal bagi Anda yang menggunakan umroh backpacker, tentu saja anda tahu bahwa penginapan yang dipilih merupakan salah satu penginapan yang tidak terlalu mewah.

Namun layak untuk ditinggali anda bisa mencari penginapan kecil ataupun guest house atau jika ingin lebih murah lagi. Apabila anda memiliki kerabat dan juga teman yang tinggal di mekkah anda bisa berkunjung dan tinggal di tempat mereka. Hal ini sangat membantu untuk mengurangi adanya pengeluaran secara besar-besaran. Mengingat Anda akan tinggal lebih dari 10 hari dan maksimal 15 hari untuk perjalanan ibadah umroh.

  • Biaya Makan

Terakhir biaya yang harus diperhatikan adalah biaya makan umumnya biaya makan ini. Agar lebih hemat dan juga mudah yaitu membawa air mineral ataupun mengkonsumsi makanan yang tidak berlebihan selama ada di Mekah.

Anda bisa membeli makanan yang disesuaikan dengan selera dan bahkan harganya tidak terlalu mahal selain itu uang juga terkadang keluar banyak untuk membeli oleh-oleh. Ditambah lagi, untuk biaya makan dan oleh-oleh yang hemat bisa mengurangi pengeluaran umroh besar-besaran. Jika anda mengeluarkan kurang lebih 20 jutaan per orang untuk ibadah umroh. Anda yang mengeluarkan biaya untuk umroh backpack kurang lebih 12 jutaan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *